Laman

Senin, 19 Januari 2015

Strategi Belajar Efektif

Banyak yang tanya: Gimana strategi belajar efektif untuk SBMPTN?

ini tips bersumber dari zenius, buku2 ttg mencapai keahlian, dan dari pengalaman...

1. Petakan atau pecah-pecah apa aja yang perlu dikuasai.. Misal kalo matematika perlu dikuasai pertidaksamaan, trigonometri, fungsi kuadrat dll.. Ini tujuannya biar kamu lebih terasa ringan. Ibarat gini: kalau mau makan pizza ukuran super large dalam sekali lahap tentu ngeliatnya aja udah eneg.. tapi kalau dipotong2 dan dimakan, dinikmati pelan2 tentu lebih nikmat.. Gitu juga dengan nguasai semua materi untuk sbmptn.
 

2. Setelah dipecah2 sbaiknya mulailah sekarang juga untuk melahapnya. Jangan banyak alasan untuk menunda. Just do it! Pilih yg mudah dulu. Tiap bab bisa ksmu beri nilai. Misal kamu udah nguasai persamaan kuadrat 70%.. Jadi mulailah dari yg skornya tinggi agar ningkatin PD kamu. Sehingga kalau ada soal ttg bab ini, kamu yakin bisa ngerjainnya.

3. Pelajari  konsepnya, jangan sekedar menghapal rumus. Misal kalau kamu membahas ttg gradien. Kamu harus tau sbnarnya gradien itu apa. Jangan sekedar menghapal m = (y2-y1)/(x2-x1). Awalnya memang lambat, tetapi kalo pondasinya kuat mau soal yg aneh2 pun akan bisa.

4. Agar tiap bab bisa mahir, kerjain soal2xnya per bab. Misal kamu lagi belajar ttg trigonometri, maka kerjain dulu soal2 trigonometri dalam 1 sesi belajar kamu. Dan tetap pelajari konsepnya..

5. Diulang-ulang. Kalo ada alasan kamu sering lupa materi. Ini disebabkan materi ga diulang2. Maka ulang2 aja. Ketika pertama kali belajar konsep kamu perlu buat catatan sendiri, sistem mind map lebih baik krn dengan liat mind map skitar 10 menit sudah bisa merefresh ingatan. Alternatif untuk merefresh ingatan bisa juga ngerjain soal2 campuran, yaitu soal2 berbagai topik bab misal kumpulan soal2 tahun lalu.

6. Kamu perlu umpan balik.  Atau ga cukup kamu hanya ngumpulin2x soal tanpa mengerjakannya!! artinya jangan sekedar ngerjain soal begitu saja tanpa dievaluasi apakah ini cara pengerjaan yg terbaik.

7. Berdoa

8. Setelah proses itu kamu kerjakan, baru kamu bisa pasrah. Jadi usaha keras dulu baru pasrah kepada Allah Swt.

9. Ada yang mau kasih saran... ?

Pada dasarny proses diatas bisa dianggap tidak mudah. Tapi untuk mewujudkan keinginan, khususnya masuk PTN favorit kamu harus berkorban, mungkin waktu, finansial, energi dll..  Justru kalo prosesnya mudah maka tidak ada yg namanya "terbaik" atau "lolos seleksi"....

sori ada yg lupa: ketika melakukan proses2 diatas terkadang akan terasa jenuh. Itu wajar. Oleh karena itu belajarnya juga dipecah2x pendek2.. misal 1 sesi 30 menit terus 5 menit istirahat pendek.. alternatif lain supaya ga jenuh:
- pilih materi yg menantang menurut kamu artinya ga terlalu mudah dan juga ga terlalu sulit. Kalau terlalu mudah akan bosan, kalo terlalu sulit bisa putus asa. Suatu saat akan ketemu juga yg tadinya terlalu sulit menjadi menantang
- Ingat lagi alasan kamu ikut sbmptn. Diperlukan motivasi yg kuat agar kamu bisa melalui proses tersebut.. Kenapa kamu mau masuk PTN tersebut ? Apa alasannya ? Terus apa yang terjadi kalau kamu tidak berhasil masuk PTN tersebut? yaaa ibarat surga dan neraka lah.. Carilah alasan atau motivasi sehingga kamu tergerak utk belajar saat ini juga..
- bermain, olahraga atau bersosialisasi... butuh keseimbangan kognitif (akademis), emosional, spiritual.




Sumber : http://www.eduedi.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar