Laman

Senin, 09 Februari 2015

Tips Untuk Pelajar: Daftar Agenda Kegiatan

Ilustrasi 1:
“Aduh gimana nih, aku lupa bawa buku PR matematika, padahal hari ini dikumpul kan?”
Ilustrasi 2:
“Stress aku, banyak banget tugas yang numpuk. Besok PR IPA harus dikumpulkan, belum lagi baca buku Bahasa Inggris, kan ada ulangan juga, mana sore ini ada janji harus kerja kelompok untuk membuat prakarya dari bahan limbah lagi.”
Ilustrasi 3:
“Susah sekali ulangan Fisika tadi, Aku tak baca bukunya.”

Pernahkah kamu mengalami kejadian seperti tiga buah ilustrasi di atas? Atau jangan-jangan kamu malah sering mengalaminya? Sukur deh, kalau kamu tak pernah punya pengalaman seperti ketiga ilustrasi di atas.
Nah, bagi kamu yang pernah sesekali mengalami hal tersebut, mungkin masih berada dalam kisaran wajar. Tapi kalau terlalu sering mengalaminya, itu berarti kamu kurang bisa memanajemen kegiatan kamu. Yap, jika kamu sering mengalami masalah-masalah macam itu, berarti kamu butuh tips sederhana berikut ini.
Kali ini, saya akan memberikan tips bagaimana cara memanajemen kegiatan yang harus kamu lakukan sehingga semuanya bisa berjalan dengan lancar sesuai tenggat waktu yang ada dan sesuai dengan tingkat urgensi kegiatan-kegiatanmu. Cara termudah untuk mengatasi masalah manajemen atau pengaturan kegiatan harianmu adalah dengan membuat DAFTAR AGENDA KEGIATAN. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut.
Pertama:
Luangkan 5 sampai 10 menit waktumu sesaat sebelum tidur pada malam hari. Ingat-ingatlah, tugas atau kegiatan apa yang harus kamu lakukan untuk besok hari. Semua orang pasti tahu tugas-tugas atau kegiatan yang harus dilakukannya, jadi dengan mudah kamu akan dapat merinci seluruh tugas atau kegiatan yang harus kamu lakukan besok atau beberapa hari ke depan.
Kedua:
Catat semua tugas atau kegiatan-kegiatan yang harus kamu lakukan besok atau beberapa hari ke depan tersebut pada selembar kertas.. Hati-hati, jangan sampai ada tugas atau kegiatan yang terlewatkan dari catatanmu atau daftarmu.
Ketiga:
Beri tanda “A” untuk kegiatan yang mempunyai tingkat urgensi mendesak dan penting untuk diselesaikan, misalnya tugas atau kegiatan yang memang HARUS SELESI dikerjakan besok, atau bisa pula tugas yang mudah untuk dikerjakan. Beri tanda “B” untuk tugas atau kegiatan-kegiatan yang bersifat penting tetapi belum terlalu mendesak untuk dikerjakan. Dan, beri label “C” untuk tugas atau kegiatan-kegiatanmu yang bersifat dapat ditunda penyelesaiannya untuk beberapa hari atau minggu ke depan dan tidak terlalu penting.
Keempat:
Urutkan sekali lagi rincian tugas dan kegiatan-kegiatanmu berdasarkan urutan kriteria “A”, “B”, lalu “C”. Pindahkan daftar itu ke kertas lain. Akan sangat bagus jika kamu menggunakan kartu kecil misalnya dari karton yang berukuran 8 x 5 cm untuk daftarmu ini, sehingga mudah masuk di saku rok, baju atau celanamu, mudah dikenali dari warna dan ukurannya, serta tidak mudah sobek.
Kelima:
Pada besok harinya, kerjakan dengan segala konsekuensinya tugas atau kegiatan yang berlabel “A”. Selesaikan semua tugas itu dengan baik. Bila kamu masih punya waktu, kerjakan pula tugas dan kegiatan yang berlabel “B”. Bahkan jika kamu masih punya waktu dan kesempatan, kerjakanlah juga tugas dan kegiatan yang berlabel “C”. Bila kamu tidak punya banyak waktu dan kesempatan untuk melaksanakan tugas dan kegiatan yang berlabel “B” dan “C”, kamu dapat memindahkannya untuk dimasukkan pada DAFTAR AGENDA KEGIATAN untuk hari berikutnya. Tapi ingat, tugas atau kegiatan yang semula berlabel “B”, mungkin sudah harus berada dalam kategori label “A”.
Keenam:
Laksanakan DAFTAR AGENDA KEGIATAN yang telah kamu susun setiap malam menjelang tidur tersebut dengan penuh kesadaran bahwa semuanya bertujuan untuk mengatur atau memanajemen waktu dan kesempatan yang kamu miliki. Percayalah, dengan melaksanakan daftar agenda kegiatan secara konsisten dan penuh komitmen, kamu akan terhindar dari segala masalah seperti ketiga ilustrasi di awal tulisan ini. Juga, bisa menghindarkan kamu dari stress, dan membuat kamu menjadi pelajar yang layak mendapatkan BINTANG.

sumber : https://suhadinet.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar